Tuesday, September 25, 2012

PENGERTIAN DAN FUNGSI FIREWALL

Unknown | 6:24 AM |

Firewall merupakan kombinasi perangakat keras dan perangkat lunak yang di rancang untuk meakukan pemeriksaan terhadap aliran lalu lintas dari jaringan yang ada dan setiap permintaan yang terhubung pada jaringan.firewall termasuk sistem proteksi yang digunakan untuk melakukan pengawasan setiap lalu lintas atau paket data yang menuju atau meninggalkan suatu jaringan.setiap paket data tersebut melalui proses pemeriksaan kemudian diterima dengan baik atau terhindar dari berbagai macam ancaman ketika proses transfer pada sistem jaringan.

Fungsi dari Firewall


Agar firewall berjalan dan bekerja sesuai tugasnya maka firewall setidaknya harus difungsikan sebagai :

1. Paket filtering
Fungsi firewall sebagai paket filtering disini adalah memfilter sebuah paket yang berasal dari jaringan lain menuju jaringan lokal. Fungsi filter disini adalah firewall harus bisa menentukan apakah paket data yang masuk tersebut bisa diteruskan ke tujuan atau tidak.

2. Proxy
Firewall juga bisa difungsikan sebagai proxy, hampir sama dengan paket filtering proxy bertujuan untuk mengamankan jaringan lokal dari paket data yang tidak diinginkan. Contoh firewall yang bisa berfungsi sebagai proxy seklaigus dan sangat populer di dunia jaringan komputer adalah squid

3. Monitoring jaringan
Firewall juga bsia berfungsi untuk memonitoring lalu lintas data dalam jaringan yang kita kelola. Monitoring jaringan ini sangat dibutuh sekali terkait dengan penggunaan bandwith yang dipakai oleh sebuah jaringan. Batasan-batasan besarnya paket data yang boleh keluar masuk dalam periode waktu tertentu harus selalu termonitor untuk memastikan keamanan jaringan yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Photo

Photo
Arif wicaksono. Powered by Blogger.