Sunday, September 16, 2012

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Unknown | 5:06 AM |


Jaringan merupakan teknologi yang banyak digunakan dalam penyampaian informasi.Penyampaian informasi dalam sistem telekomunikasi dapat dilakukan jika dua buah atau lebih alat-alat tersebut dihubungkan satu sama lain melalui teknologi komputer.selain itu,penggunaan ATM merupakan sistem informasi bank yang dihubungan dengan nasabah melalui sistem telekomunikasi.Pemesanan barang,Misalnya musik dan sejenisnya bisa di dapat melalui internet.

Berdasarkan uraian diatas manfaat jaringan komputer sebagai berikut ;

A. Resource sharing(berbagi sumber)
Resource sharing artinya sumber daya pada komputer dapat dimanfaatkan secara bersama-sama orang lain. Contoh Resource sharing adalah dua orang atau lebih dengan jarak yang berjauhan dapat menggunakan suatu data atau alat secara bersama-sama.Alat-alat yang dapat dihubungkan dengan jaringan,misalnya modem,printer,fax,dan sebagainya.Hal ini menunjukkan bahwa jaringan dapat mengatasi masalah jarak.

B.Information sharing (Berbagai informasi)
Information sharing artinya berbagi informasi pada suatu jaringan secara bersama-sama.Informasi tersebut dapat penggunaan program aplikasi maupun data yang tersimpan di dalam suau jaringan.

C.Network access
Network access artinya setiap pengguna yang terhubung di dalam suatu jaringan dapat mengakses jaringan yang lebih luas.Hal ini dapat dilakukan jika komputer dapat terhubung dengan WAN.

D.Reabilitas Tinggi
Kita dapat juga memperoleh reabilitas tinggi dengan menggunakan jaringan komputer.Hal ini dapat tercapai jika sumber-sumber alternatif tersedia.Contohnya adalah sebuah data dapat disimpan atau di-Copy pada dua atau lebih komputer ,sehingga apabila slah satu komputer rusak maka data pada komputer lain masih ada.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Photo

Photo
Arif wicaksono. Powered by Blogger.